mencoba peruntungan menjadi agen tunggal produk susu kambing


Kira-kira sudah seminggu ini saya jadi agen tunggal -satu-satunya wakil produsen susu kambing asal jawa tengah- untuk wilayah Aceh. Pemilik perusahan susu berjanji untuk melindungi agen tunggal dari pedagang susu sejenis yang coba-coba memotong kompas alias bypass untuk membeli langsung ke pabriknya. Alhamdulillah mudah-mudahan janji ini benar dan berharap para penjual susu kecil-kecilan (sub agen) akan memesan ke agen tunggal dan semoga ini jadi rezeki yang barokah amiiiin…

Perusahaan susu ini memiliki semacam divisi sales yang memiliki banyak anggota dimana setiap kali diantara mereka yang berhasil menjual dengan jumlah tertentu maka akan mendapatkan reward atau bonus. Disamping itu sales bisa mendapatkan keuntungan lebih bila bisa menjual susu diatas harga yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Pembeli susu tidak tahu persis berapa sebenarnya harga dasar susu dari perusahaan. Jadi harga bisa dinego ketika transaksi sehingga di tingkat pengecer harga bisa bervariasi sesuai hasil negosiasi tadi. Dengan kondisi seperti ini para sales susu ini berusaha mencari pembeli sampai ke daerah-daerah yang paling jauh melalui iklan sms, internet dan media lainnya demi mendapatkan pembeli potensial. Sales juga memiliki wewenang untuk mengirim sendiri paket pesanan kepada pembelinya… Nah ini dia celahnya.!!!

Kembali ke agen tunggal yang sudah memiliki MOU dengan perusahaan susu untuk proteksi pasar di wilayahnya. Mungkinkah perusahaan mampu memproteksi agen tunggalnya di daerah bila sales juga diberi hak untuk mengirimkan paket susu langsung kepada pembeli. Sales bisa memberi laporan pembelian kepada perusahaan susu kambing ini bahwa ada pesanan pembeli ke daerah yang belum ada agen tunggal untuk mengelabui tetapi pengirimannya dilakukan ke tempat yang diproteksi.

Wah, kalau begitu buat apa susah-susah ngeluarkan modal besar untuk jadi agen tunggal, mending jadi penjual kecil-kecilan saja. Harga pembeliannya juga tidak jauh beda dengan harga untuk agen tunggal. Yang penting nego habis-habisan dengan sales susu kambing.

Kambing………. kambing…….. sial bener lu jadi kambing….

Posted on May 24, 2011, in bebas. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: